Manfaat Reuni

Pernah denger kata reuni? atau bahkan pernah melakukannya?? Reuni itu berasal dari 2 suku kata, yaitu “Re” yang artinya kembali dan “Uni” yang artinya bersatu. Jadi jika digabung maka bisa diartikan “Kembali Bersatu”. Tujuannya adalah berkumpulnya kembali dengan teman, rekan, saudara, bahkan keluarga yang mungkin sudah lama tidak bertemu. 

Nah, reuni sebenarnya punya banyak manfaat positif, tentunya jika memang diniatkan untuk melakukan hal-hal yang positif dan punya tujuan positif pula. Berikut di antara beberapa manfaat positif dari reuni: 

Menjalin kembali tali silaturahim
Pada umumnya, reuni dilakukan bersama rekan-rekan yang sudah lama tak bertemu. Contohnya saja, reunian Lulusan SD/SMP/SMA. Kebayang ‘kan apa yang terjadi ketika kita kembali berkumpul dengan teman yang sudah bertahun-tahun tidak saling kontak atau bertatap muka? Maka reuni dapat kembali merekatkan tali silaturahim dan persahabatan dengan teman lama yang mungkin akan sulit kita temui kalau bukan di ajang reuni. Baca juga 7 Fakta Sahabat Yang Gokil disini.

Nostalgia
Saat bertemu dengan teman lama, otomatis ingatan kita akan kembali ke masa lalu. Masa di mana kita masih remaja, pernah punya pengalaman sangat berkesan dan tak mungkin dilupakan. Kenangan indah ini akan sangat manis untuk kembali diperbincangkan dalam suasana penuh kehangatan pada saat reuni. Dan memperbincangkan kenangan manis adalah salah satu bentuk therapy hati yang efektif. 

Tetapi, tentu saja kita harus tetap menjaga hati. Karena diantara kenangan manis tersebut, siapa tahu terselip kisah manis dengan sang idola atau “teman dekat“ di masa lalu ketika kembali bertemu. Namun sang idola atau teman dekat tersebut sama-sama telah membangun rumah tangga yang bahagia. Sayang sekali ‘kan kalau kenangan manis tersebut sampai mengganggu suasana hati apalagi sampai mengganggu keharmonisan rumah tangga.
@alipbaa
Mengembalikan eksistensi 
Tahun demi tahun yang berlalu akan memberi banyak pengaruh pada kehidupan dan citra diri seseorang. Ada yang dulunya seorang bintang sekolah, namun sekarang justru kurang bernasib baik. Ada pula yang dulunya prestasinya biasa saja, tapi sekarang justru memiliki kehidupan yang mapan dan sukses. Bagi mereka yang kini meraih kesuksesan sementara dulunya mungkin kurang dipandang, ajang reuni bisa menjadi sarana untuk menunjukkan eksistensi diri dan pembuktian pada rekan yang lain bahwa siapapun termasuk yang pada masa sekolahnya dulu kurang menonjol, tetap berpeluang menjadi seorang yang berhasil.

Networking
Dengan reuni kita bisa saling bertukar informasi tentang disiplin pekerjaan yang digeluti oleh teman-teman. Dengan demikian kita dapat saling menghubungi jika ada peluang bisnis sekarang ataupun nanti. Untuk yang belum berhasil, sapa tau ada teman baik kita yang bisa membantu untuk meniti karir lebih baik.

Intermezzo
Dengan reuni ini, pada akhirnya kita memberikan kesempatan menghibur diri sendiri. Sedikit senyuman atau bahkan celaan dan canda tawa yang dulu pernah hadir, pasti akan hadir kembali di reuni ini. Yang pastinya,, kita akan pulang dengan senyuman dan semangat baru untuk menata kembali kehidupan kita agar menjadi lebih baikk.. Tetap Semangatttt!!!! 

Penggalangan Dana 
Reuni juga bisa menjadi ajang positif untuk melakukan penggalangan dana yang ditujukan untuk amal ataupun tujuan positif lainnya. Misalnya membantu korban bencana alam, membantu rekan yang sedang mengalami kesulitan atau sakit, membantu pembangunan sarana tertentu di sekolah kita, ataupun membentuk yayasan alumni yang didirikan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan social oleh para anggota.