Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak yang sangat dekat untuk menghasilkan objek yang sangat kecil, serta memiliki titik fokus yang pas dan tajam. Dalam media fotografi ini kita dapat mengambil gambar dari serangga, arachnida, bunga-bunga yang berukuran kecil, butiran-butiran embun, dll. Objek dalam fotografi ini biasanya kurang dari 2 cm, untuk menghasilkan kejelasan dalam sebuah foto, tentunya alat yang digunakan adalah sebuah kamera Digital Single Lens Refleks (DSLR). Dengan menggunakan Lensa Makro yang biasanya menggunakan rasio 1:1, dimana ukuran dalam sebuah foto yang sama ukurannya dengan objek dalam foto.



Nah bagaimana jika kita tidak memiliki Kamera DSLR?? Apakah  bisa, kita menggunakan Kamera Handphone?? Tentu saja bisa... Apalagi sekarang kan banyak tuh, Smartphone yang dibekali autofocus dalam spek kameranya yang mampu memfokuskan pada objek yang kecil. Namun apakah bisa juga jika kamera HP kita tidak dibekali autofocus??  Bisa juga kok, tapi dalam jenis Handphone ini, kita harus menggunakan tambahan alat, yaitu macrolens/lensa makro. Loohhh?? Kok lensa makro?? Kan mahal... Tenang saja!!! kalo macro lens yang satu ini, memang didesain khusus untuk kamera Handphone. Terus berapa harganya?? Murah kok, gak nyampe 50 ribu udah bisa kita bawa pulang. Dengan harga sekitar segitu kita mendapatkan 3 jenis lensa, yaitu Macro lens, Wide lens, dan Fish eye lens.


Disini saya akan memperlihatkan hasil dari kamera Handphone menggunakan lensa makro. Maaf bukan maksud saya untuk pamer hasil karyaku sendiri, sebenarnya siihh iyaa.. hihihi. Handphone yang saya gunakan adalah Iphone 3GS, yaaahhh meskipun tuh HP udah dibekali autofocus, namun kamera dalam HP ini tidak bisa focus dalam objek yang kurang dari 10 cm. yuuukkksss langsung saja,, noh dibawah ini : Cekiiidooottttt!!!!!

Foto kiriman baa (@alipbaa) pada












Segitu dulu ya sobat, sebenarnya masih banyak karya makro yg aku hasil kan. Namun jika sobat ingin melihat karya-karyaku yg lain, silahkan kunjungi gallery instagramku di @alipbaa yaa, eeeiiitttsss tp gak boleh stalking disana hihihihihihi.. Dan jangan lupa Follow instagram alipbaa. Thank’s n goddbye, see u next post. Semoga bermanfaat.