5 Langkah Memotret Foto Siluet


Siluet adalah foto dengan obyek utama gelap total dengan background yang terang, sehingga yang terlihat adalah bentuk dari obyek utama tadi. Berikut langkah-langkah memotret, untuk hasil siluet.


1. Matikan Flash

Yang pertama dan terpenting adalah flash di kamera harus dimatikan, kalau tidak anda akan mendapatkan foto biasa, jika flashnya dihidupkan maka objeknya tidak akan gelap.

2. Cari pencahayaan yang tepat (backlight)

Untuk menghasilkan siluet, background harus lebih terang dibandingkan obyek utama. Itulah kenapa kebanyakan foto siluet dilakukan saat sunset maupun sunrise, dimana matahari atau sumber cahaya ada di belakang obyek yang ingin di foto (backlighting).

3. Tentukan obyek

Foto siluet akan sangat menonjolkan bentuk obyek utama, oleh karena itu carilah bentuk obyek yang menarik.

4. Tentukan background

Untuk mendapat foto siluet, anda harus menemukan background yang lebih terang dari pada obyek.

5. Ukur eksposur dengan tepat (manual/ auto)

Alangkah baiknya gunakanlah mode manual eskposur. Set metering di spot metering. Ukurlah di daerah background yang paling terang. Ubahlah kombinasi aperture dan shutter speed sesuai dengan hasil metering anda, terutama pada aperture, aturlah sesuai keinginan (aperture besar untuk background yang agak kabur dan aperture kecil untuk background yang tajam). Setelah itu tentukan aperture dan shutter speed yang dipilih, arahkan kamera ke obyek utama. Aturlah h3 yang terbaik dan tentukan fokus di obyek utama, baru kemudian jepret.!!! Pahami juga tombol dan bagian kamera DSLR disini.

Jika anda tidak bisa menggunakan mode manual, gunakanlah mode auto. Arahkan kamera ke area paling terang, pencetlah setengah shutter (jangan pencet penuh) tapi ditahan tunggu sampai titik fokus tepat pada obyek yang diinginkan lalu tahan. Jika titik fokua sudah berada pada objek yg diinginkan maka barulah shutter bisa di tekan sampai penuh.

Silahkan bereksperimen dengan obyek dan lingkungan anda, jangan hanya terpaku pada sunset dan sunrise, karena foto siluet bisa dihasilkan dimanapun.