5 TIPS LIBURAN SAAT BERPUASA DI BULAN RAMADHAN


Bulan Ramadhan merupakan saat-saat yang dinantikan umat Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim akan berpuasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh. Namun, menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, bukan berarti menghentikan segala aktivitas yang biasa dilakukan seperti traveling. Traveler, tetap bisa berlibur dengan nyaman di bulan puasa ini, dengan menerapkan beberapa tips agar kondisi kesehatan tetap fit juga ibadahnya tetap lancar selama berlibur.
Agar liburan dan ibadah Traveler di Bulan Ramadhan ini berjalan dengan lancar dan nyaman, ada berebarapa tips berlibur saat puasa yang bisa diikuti, yuk simak dibawah ini:
  • Dimulai disaat kita sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi. Pilihlah menu makan dengan karbohidrat kompleks karena sifat yang membuat gula darah lebih stabil. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang berserat seperti sayur atau buah. Untuk minuman, pilih yang mengandung elektrolit seperti air kelapa maupun oralit. Air putih juga jangan lupa untuk dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina Traveler selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi, Traveler tetap sehat bugar mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan untuk dikunjungi selama liburan.
  • Bawa pelengkapan ibadah, tentunya hal ini sangat penting. Agar Traveler bisa tetap lancar beribadah di destinasi tujuan, selalu siapkan dan bawa peralatan ibadah di dalam tas. Traveler bisa membawa Al-Qur’an berukuran saku dan peralatan shalat (mukenah atau sarung).
  • Pilih kegiatan wisata yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan, seperti mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki nilai religi. Jadi, Traveler bisa berlibur sambil menambah pengetahuan mengenai Agama Islam. selain itu Traveler juga bisa mengunjungi tempat yang bernilai sejarah seperti museum. Berwisata ke museum melindungi kalian dari panasnya matahari disiang hari. Selain itu, museum juga memiliki koleksi yang dapat dilihat dengan letak yang tidak berjauhan. jadi berwisata ke museum tiadak akan menguras energi para Traveler.
  • Jangan lupa bersedekah dan menolong sesama, tujuannya untuk menambah pahala di Bulan suci ini. Selalu bersedekah dan menolong sesama yang membutuhkan yang dijumpai selama perjalanan menuju destinasi.
  • Berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu, karena hal itu dapat menggantikan energi yang telah terbuang selama seharian di perjalanan. Beribadah dan beristirahatlah sejenak sebelum kembali melakukan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya.
Dengan menjalankan tips berlibur saat puasa di atas, semoga liburan dan ibadah Traveler berjalan dengan lancar. eiiitsss dan jangan lupa selalu rencanakan perjalanan Traveler dari beberapa saat sebelum hari keberangkatan.